Penampilan menarik tak hanya milik perempuan, tapi juga pria. Selain gaya berpakaian, rambut juga merupakan aspek penting bagi para pria untuk tampil sempurna. Untuk menjawab kebutuhan pria terlihat stylist, SMITH Men Supply, sebuah start-up bisnis penyedia kebutuhan grooming untuk laki-laki dimana saat ini sudah mengeluarkan produk pomade dan hair wax dengan beberapa varian.
Kesuksesan PT Smith Indonesia Jaya di bidang men’s grooming dibangun secara bersama-sama oleh sekumpulan mahasiswa Prasetiya Mulya yang memiliki jiwa entrepreneur. Ide awal untuk membangun start-up bisnis ini dicetuskan oleh Michael Nugroho yang sekaligus menjabat sebagai CEO PT Smith Indonesia Jaya.
“Melihat tingginya animo anak muda di Indonesia untuk terlihat menarik dengan tatanan rambut mereka, kami memiliki visi yang kuat untuk menciptakan terobosan baru dalam melengkapi kebutuhan grooming mereka, salah satunya dengan meluncurkan Black Jack, yakni produk jenis wax pertama dari SMITH Men Supply,” ungkap Michael Nugroho.
Keyakinan pria yang akrab disapa Mike ini dalam membangun bisnis pomade sejak tahun 2013 perlahan telah membuahkan hasil. Pria kelahiran Jakarta 25 Desember 1992 ini akhirnya memutuskan untuk mengembangkan bisnis ini bersama teman-temannya dengan mengambil semua risiko di tengah padatnya jadwal kuliah.
Hasil kerja keras Mike terbukti membuahkan hasil, terbukti dengan pencapaian yang telah didapatkan. Sifat dan gaya kepemimpinan serta kemauan untuk terus maju dan berkembang yang diterapkan di dalam internal perusahaan telah berkontribusi untuk memajukan perusahaan start-up ini. Selain itu, pola pikir visionernya untuk jangka panjang menyebabkan Mike selalu berhati-hati dalam mengambil keputusan.
Mike selalu membuat strategi-strategi inovatif dengan menerapkan pembelajaran yang didapatkan seiring waktu selama masih menuntut ilmu di Prasetiya Mulya Business School. Kerja kerasnya dalam membagi waktu antara tanggung jawab sebagai mahasiswa dan menjadi seorang entrepreneur menjadikan SMITH Men Supply terus berkembang dengan bantuan kekompakan dari seluruh tim dari PT Smith Indonesia. “Tantangan terbesar yang kami hadapi adalah membagi waktu untuk fokus berbisnis sambil kuliah, tetapi semua itu bisa di-manage dengan baik,” ungkap Mike.
Mengawali bisnis ini dengan melakukan eksperimen produk di kamar kost sebagai tugas mata kuliah Business Creation dengan bermodalkan Rp 6 juta dana hasil patungan, kini SMITH Men Supply sanggup menjual secara mass product lebih dari 30.000 kaleng pomade selama tahun 2015.
Strategi pemasaran yang dilakukan adalah dengan melakukan boost marketing melalui buzzing di media social, campaign limited edition. “Untuk di kota-kota besar di Indonesia, kami bekerja sama dengan barbershop untuk menggunakan produk dan menjadi distributor kami,” kata Mike.
Produk SMITH Men Supply tersedia dengan harga Rp 90-100 ribu untuk pomade dan Rp 70 ribu untuk hair wax kini sudah tersebar lebih dari 20 provinsi di seluruh Indonesia serta e-commerce dari negara Singapura. “SMITH Men Supply memiliki visi untuk memenuhi setiap kebutuhan pria dari penampilan agar seorang pria dapat menjadi terbaik dari apa yang mereka lakukan,” tutup Mike. (EVA)
Leave A Comment