Program Studi Hukum Bisnis

S1 Hukum Bisnis Internasional

S1 Hukum Bisnis Internasional Universitas Prasetiya Mulya

Dengan semakin berkembangnya bisnis dan transaksi internasional yang dilakukan oleh para pelaku usaha, perkembangan bisnis pada periode terakhir di Indonesia telah memasuki babak baru. Kondisi ini sangat membutuhkan pemeliharaan praktik hukum bisnis internasional. Sementara itu, hukum bisnis internasional telah menjadi pedoman dan sumber hukum untuk menyelesaikan konflik atau perselisihan bisnis internasional. Berdasarkan fakta ini, hukum bisnis internasional sebagai suatu disiplin ilmu telah berkembang pesat dalam dekade terakhir.

Universitas Prasetiya Mulya menjawab tantangan perkembangan bisnis, dan hukum bisnis internasional tersebut membuka Program Sarjana Hukum Bisnis Internasional. Program S1 Hukum Bisnis Internasional sebagai bagian dari Program Studi Hukum Bisnis memiliki 3 jurusan; Perbandingan Hukum Komersial Internasional, Hukum Maritim, Udara, dan Antariksa Internasional, Privasi, dan Hukum Keamanan Siber.

Visi
Menjadi program studi sarjana hukum bisnis yang bereputasi baik yang diakui oleh masyarakat hukum dan pelaku usaha nasional dan internasional dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan hukum bisnis terkemuka dengan integritas tinggi melalui proses pembelajaran yang inovatif untuk menghasilkan lulusan yang berkompeten tinggi dan berdaya saing global yang memiliki kepekaan terhadap lingkungan dan masyarakat.
  • Menyelenggarakan kajian hukum yang bermanfaat bagi masyarakat dan bagi perkembangan ilmu hukum pada umumnya dan hukum bisnis pada khususnya.
  • Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat hukum dalam mendukung pembangunan nasional.
  • Menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan institusi nasional dan internasional dalam rangka Tridharma Perguruan Tinggi (Tridharma).
Apply Now

Department Contact Info

Marketing & Customer Relations

BSD CAMPUS
Kavling Edutown I.1 Jl. BSD Raya Utama
BSD City, Tangerang 15339

(021) 304 50 500
WA: 081511662005 or 08124111660
info@prasetiyamulya.ac.id

Social Info

 

MENGAPA S1 HUKUM BISNIS INTERNASIONAL UNIVERSITAS PRASETIYA MULYA

Program S1 Hukum Bisnis Internasional (IBL) ditujukan pada titik pertemuan antara hukum dan bisnis. Program bilingual ini secara khusus disesuaikan dengan kebutuhan badan publik dan swasta untuk pengacara yang mampu melakukan manajemen serta pekerjaan hukum. Kursus ini diajarkan bersama oleh akademisi, advokat, pengacara, pengacara, praktisi bisnis, dan pengusaha, dari berbagai latar belakang hukum dan bisnis, untuk memfasilitasi pendekatan pembelajaran multi-disiplin dan memastikan bahwa perpaduan yang tepat antara teori dan praktik tanpa cela.

Program gelar sarjana hukum ini berfokus pada pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan bagi mereka yang bercita-cita menjadi praktisi/profesional hukum yang handal dan berkualitas di bidang hukum bisnis internasional, meliputi kegiatan yang luas seperti:

  • Pembentukan perjanjian internasional;
  • Desain pembiayaan internasional;
  • Perdagangan internasional;
  • Transportasi dan logistik internasional;
  • Proses merger dan akuisisi perusahaan internasional;
  • Perjanjian dan konsorsium infrastruktur dan konstruksi;
  • Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual; dan,
  • Penyelesaian sengketa bisnis internasional di luar pengadilan (misalnya melalui mediasi dan arbitrase berdasarkan hukum dan perjanjian internasional).

KURIKULUM

Siswa dilatih untuk menyusun kontrak untuk perjanjian internasional; menyelesaikan masalah hukum terkait proyek infrastruktur, konstruksi, dan merger/akuisisi internasional; atau menyelesaikan perselisihan di dalam dan di luar pengadilan, melalui partisipasi wajib mereka dalam empat lokakarya dan kompetisi pengadilan semu. Kursus mooting disediakan untuk membekali siswa dengan keterampilan yang diperlukan untuk berpartisipasi dan unggul dalam kompetisi moot court domestik dan internasional. Kursus ini akan mempersiapkan mereka untuk bekerja dalam tim dan bersaing dengan orang lain dengan pendekatan langkah-demi-langkah untuk membaca masalah diperdebatkan, meneliti dengan tujuan, menyusun pengajuan tertulis, dan mempersiapkan argumen lisan.

Alternatif Penyelesaian Sengketa (ADR) sebagai mata kuliah inti di bawah program akan dijelaskan secara unik; siswa akan terlibat dalam simulasi ADR untuk mempelajari keterampilan negosiasi dan cara memilih ADR yang paling hemat biaya dan paling tidak mengganggu. Mahasiswa akan memahami proses dan metode teknik ADR; mempelajari penerapan dan batasan teknik ADR yang tepat; menghargai pertimbangan etis yang terlibat dalam ADR; dan mengembangkan kemampuan dasar untuk menerapkan metode ADR.

S1 IBL juga menawarkan mata kuliah yang mencerminkan landasan pendidikan Universitas Prasetiya Mulya tentang kewirausahaan. Lawyer-Preneurship, Lawyering di Era Digital, Business for Lawyers, Accounting for Lawyers, Private Equity Venture Capital Law, Investment Law, Legal Drafting, Transactional Lawyering, dan Intellectual Property hanyalah beberapa dari sekian banyak mata kuliah dengan esensi kewirausahaan di bawah program ini. Selama studi, seluruh mahasiswa akan menjalani dua program magang, yang direncanakan dan dijadwalkan melalui konsultasi dengan Career Development Center dan didukung oleh lembaga mitra, mulai dari perusahaan multinasional, firma hukum, hingga lembaga pemerintah. Pengalaman magang memberi siswa kesempatan untuk mengeksplorasi minat karir hukum sambil menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang dipelajari di kelas dalam lingkungan kerja. Pengalaman tersebut juga membantu siswa memperoleh pemahaman yang lebih jelas tentang apa yang masih perlu mereka pelajari dan memberikan kesempatan untuk membangun jaringan profesional.

Metode Pembelajaran:

  • Berorientasi kasus dan proyek: meskipun membahas dan menganalisis kasus dan proyek dengan bimbingan intensif dan ekstensif dari praktisi hukum dan bisnis.
  • Topik berbingkai: setiap sesi akan menampilkan topik berdasarkan tema yang relevan dengan situasi saat ini.
  • Pendekatan interdisipliner: dengan kerja kolaboratif antara mahasiswa hukum dan mahasiswa SBE/STEM di bawah pengawasan praktisi hukum dan bisnis.
  • Pendekatan komparatif: oleh negara-negara di dunia, yaitu Common Law dan Civil Law.

TAHUN 1

Semester 1
Intro. to Law

Semester 2
Constitutional Law

TAHUN 2

Semester 3
Conflict of Law

Semester 4
Legal Aspect of Corporate Finance

TAHUN 3

Semester 5
Competition Law

Semester 6
Foundations of Comparative Law

TAHUN 4

Semester 7
Corporation and Human Rights

Semester 8
Final Assigment

LULUSAN PROGRAM INI

Lulusan Sarjana Hukum Bisnis Internasional dari Universitas Prasetiya Mulya akan memiliki kemampuan yang cerdik dalam:

  • Menganalisis kasus hukum, kebijakan regulasi, dan praktik hukum bisnis internasional;
  • Memiliki alternatif penyelesaian sengketa dan soft skill hukum, seperti pengetahuan tentang budaya internasional, etika, dan perilaku manusia; dan,
  • Bekerja sebagai pengacara hukum bisnis internasional.

PROSPEK KARIR

Professional Lawyer in International Law Firm, Legal Compliance Analyst, Product Counsel Specialist, Business Development & Acquisition Counsel, Business Litigation Counsel, Corporate Legal Counsel, Government Affairs Specialist, Professional Arbitrator, Judge, Notary, Prosecutor, Diplomat, dll.

Program IBL menawarkan konsentrasi dalam tiga bidang studi hukum yang dipilih dari program-program di bawah; i) Hukum Komersial Perbandingan Internasional, ii) Hukum Maritim, Udara & Antariksa Internasional, iii) Keamanan Cyber dan Hukum Privasi.