SBE CoEx

Profil SBE-CoEX

Dengan terjadinya perubahan menyeluruh pada tatanan/lanskap bisnis dan praktik organisasi yang menjadi lebih kompetitif pada tahun-tahun terakhir, Sekolah Bisnis dan Ekonomi (SBE) – Universitas Prasetiya Mulya merasa perlu untuk terus berbenah melakukan pembaruan guna mempertahankan posisi strategis serta relevansi keberadaannya di antara berbagai pemangku kepentingan.

Oleh karena itu, penting bagi SBE untuk mendirikan divisi baru, yang dinamakan SBE – Center of Excellence (SBE – CoEX), sebagai bentuk hubungan strategis diantara berbagai keahlian para Faculty Member (FM), dengan kebutuhan serta praktik terkini pada dunia industri. Melalui SBE – CoEX, setiap FM SBE memiliki kesempatan untuk bekerja bersinggungan dengan dunia industri serta berbagai organisasi lainnya baik pada ranah privat dan atau publik. Kerja sama antara SBE – CoEX dengan beragam pemangku kepentingan dapat terlihat pada munculnya layanan konsultan profesional, konsultan bisnis, training dan atau pelatihan, pembelajaran eksekutif, dan modul pendidikan berkelanjutan. Beragam inisiatif tersebut didasarkan pada penelitian serta konsep kepakaran yang disesuaikan secara khusus agar selaras dengan kondisi tempat kerja serta praktik organisasi saat ini. 

Di SBE – CoEX, setiap FM dapat menjalankan riset dan mengasah keahlian konseptual, pengetahuan, serta pengalaman yang menjadi masalah di tempatnya bekerja dan membentuk kemitraan baik dari sektor publik dan privat. SBE – CoEx juga terhubung dengan mitra-mitra kunci seperti industri, usaha kecil menengah (UKM), para praktisi, lembaga akreditasi internasional seperti (AACSB), universitas lainnya, dan pemerintah/pemangku kebijakan. Selain adanya potensi manfaat, pendirian SBE -CoEx dapat memperkuat posisi strategis serta reputasi sekolah dilihat dari kacamata beragam pemangku kepentingan. SBE Co-Ex, pada akhirnya dapat menaikkan posisi sekolah di mata calon mahasiswa, tenaga pendidikan, dan para mitra. Yang terakhir dan tidak kalah pentingnya, pendirian SBE – CoEX diharapkan membantu pengayaan kemampuan teknik mengajar dan berbagai prakarsa riset serta kecakapan para dosen saat mereka membawa pengalaman keterlibatannya dalam berbagai proyek di SBE – CoEx kedalam kelas (konteks mengajar) dan untuk publikasi (konteks penelitian). 

Secara umum, keluaran yang dihasilkan oleh SBE – CoEx mencakup lima (5) bidang, sebagai berikut:

  1. Riset sesuai kebutuhan: bertujuan mencari ranah baru, untuk menjelaskan dan menarik perhatian dari komunitas akademik, dengan memberi fokus pada ketelitian, relevansi, dan implikasi yang dapat ditindaklanjuti.
  2. Riset yang tertanam: untuk menghasilkan kajian yang relevan bagi para manajer, para peneliti wajib menjawab pertanyaan “Apa untungnya untuk saya?” dari perspektif praktisi. Langkah ini guna mengamankan perhatian para praktisi sembari memecahkan isu yang terkait dengan marketing. Termasuk berinteraksi dengan komunitas bisnis guna mengidentifikasi tantangan, dan mengkaji wawasan baru untuk mengatasinya. Hal ini termasuk berhubungan baik dengan komunitas bisnis guna mengidentifikasi tantangan yang dihadapi, dan menerapkan wawasan baru untuk mengatasi hal tersebut. Wawasan itulah yang nantinya berfungsi sebagai solusi yang unik bagi bisnis tertentu, dimana keseluruhan pembelajaran dan pemahaman dibagikan ke komunitas akademisi dan praktisi yang lebih luas melalui lapak-lapak publikasi yang relevan.
  3. Kepemimpinan berbasis Gagasan: penyebarluasan pengetahuan melalui satu atau beberapa kanal seperti (a) publikasi artikel di jurnal ilmiah terkemuka dan majalah bertemakan perdagangan, (b) publikasi buku, bagian/penggalan buku, dan monograf, (c) menyelenggarakan konferensi untuk praktisi dan akademisi, (d) menyelenggarakan seminar untuk dosen dan mahasiswa doktoral, (e) dan menawarkan lokakarya untuk peneliti dan manajer.
  4. Program Bersertifikasi: selain melakukan publikasi kajian studi, SBE Co-EX juga dapat mengadakan diseminasi pengetahuan melalui penyelenggaraan program bersertifikasi, dengan tema seperti strategi bisnis model untuk relasi pemasaran, akuisisi dan retensi yang menguntungkan pelanggan melalui interaksi langsung yang tepat sasaran. Serta penggunaan metode komunikasi dari semua lini agar dapat menghasilkan manfaat yang lebih besar bagi perusahaan
  5. Pembelajaran Eksekutif: penyebarluasan pengetahuan dengan pelibatan komunitas bisnis dalam sesi pengajaran materi yang menghasilkan pendidikan eksekutif.

BSD City Kavling Edutown I.1 Jl. BSD Raya Utama, BSD City,
Kabupaten Tangerang 15339, Indonesia

Email: sbe.center@pmbs.ac.id
WA: 0821 5252 5232
Phone: (021) 304-50-500 ext 2368/2526