Program Studi Ekonomi

S1 Ekonomi Bisnis

S1 Ekonomi Bisnis Universitas Prasetiya Mulya

Dynamic. Strategic. Applicative.

Seiring dengan pertumbuhan ekonomi global, isu lingkungan dan privatisasi, aktivitas bisnis berkembang dan kompleks. Hal ini menyebabkan setiap perusahaan membutuhkan strategi bisnis yang inovatif.

Dengan semakin kompleksnya bisnis, peran ekonom tidak hanya diperlukan sebagai pembuat kebijakan publik tetapi juga sebagai bagian dari proses pengambilan keputusan bisnis berdasarkan pengetahuan dan keterampilan di bidang ekonomi.

Oleh karena itu, Universitas Prasetiya Mulya menghadirkan Program S1 Ekonomi Bisnis sebagai bagian dari Program Studi Ekonomi yang dirancang untuk menjawab kebutuhan para ahli perusahaan yang dapat menerapkan teori ekonomi ke dalam praktik bisnis dan memanfaatkan peluang di masa depan.

Visi
Menjadi program studi sarjana yang bereputasi dalam bidang ekonomi bisnis di tingkat regional melalui pendidikan dan penelitian untuk berkontribusi menjadikan dunia bisnis lebih inklusif dan berkelanjutan.

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas di bidang ekonomi bisnis secara teori, metodologi dan aplikasi.
  • Menyelenggarakan penelitian yang memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan di bidang ekonomi yang dapat diterapkan dalam perkembangan dunia usaha.
  • Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan ekonomi bisnis yang inklusif dan berkelanjutan.
  • Menjalin kerjasama dengan lembaga pendidikan, dunia usaha, dan pemerintah baik di dalam maupun di luar negeri terkait pengembangan dan pembelajaran ekonomi bisnis.
  • Untuk perselisihan dalam upaya internasionalisasi dalam pendidikan dan penelitian di bidang ekonomi bisnis.
Apply Now

Department Contact Info

Marketing & Customer Relations

BSD CAMPUS
Kavling Edutown I.1 Jl. BSD Raya Utama
BSD City, Tangerang 15339

(021) 304 50 500
WA: 081511662005 or 08124111660
info@prasetiyamulya.ac.id

Social Info

 

MENGAPA S1 EKONOMI BISNIS UNIVERSITAS PRASETIYA MULYA

Meningkatnya kebutuhan akan analis dan ekonom korporat, baik di dalam maupun di luar negeri, telah menghasilkan lulusan bisnis yang banyak dicari. Dalam program Ekonomi Bisnis, mahasiswa akan memperoleh pengetahuan ekonomi yang komprehensif dan dapat langsung menerapkannya untuk membantu proses pengambilan keputusan bisnis.

Dalam program S1 Ekonomi Bisnis, mahasiswa akan belajar bagaimana menerapkan teori-teori Ekonomi untuk memecahkan masalah bisnis. Juga, mereka akan belajar bagaimana menganalisis dan memperkirakan situasi ekonomi dunia dan masalah ekonomi yang dapat mempengaruhi keputusan bisnis strategis. Untuk lebih mempersiapkan lulusan di lingkungan kerja global, program akan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar di seluruh program. Mahasiswa juga dibekali dengan sertifikasi soft skill dan hard skill.

KURIKULUM

KOLABORASI
Kolaborasi antar program terdiri dari proyek internal, penelitian bersama. Selain itu, ada kerjasama yang terdiri dari proyek komersial, penelitian swasta, co-teaching, studi lapangan, kuliah tamu, magang, dan kunjungan perusahaan.

KERJASAMA EKSTERNAL
Universitas Prasetiya Mulya menyediakan program kerjasama dengan universitas asing. Calon mitra untuk program di luar negeri adalah Tsing Hua University, UNSW, Zhejiang University, Boston University, NUS, RMIT, Monash University, KAIST, Peking University, Erasmus, Columbia College, University of South Alabama, Solbridge International School of Business, Georgia Teknologi, dll.

TAHUN 1

Semester 1
Mini Business Economics Workshop

Semester 2
Mini Business Economics Conference

TAHUN 2

Semester 3
Business Creation and Development

Semester 4
Applied Business Analysis

TAHUN 3

Semester 5
SIMBIZ for Business Economics

Semester 6
Community Development Project II

TAHUN 4

Semester 7
Business Economics Workshop

Semester 8
Business Economics Conference

LULUSAN PROGRAM INI

Lulusan program Ekonomi Bisnis dipersiapkan untuk menjadi analis bisnis dan ekonom di perusahaan besar baik di dalam maupun di luar negeri. Selain itu, lulusan dapat bekerja sebagai konsultan, peneliti, pengusaha, profesional di organisasi pemerintah dan non-pemerintah.

HASIL TUJUAN
Memberikan lulusan dengan kemampuan untuk mensintesis konsep ekonomi dan bisnis dengan keterampilan kuantitatif yang kuat yang dapat diterapkan dalam bisnis modern.

PENGETAHUAN INTI: ekonomi dan pengetahuan bisnis
Selain pengetahuan inti, para lulusan juga akan dibekali dengan disiplin ilmu yang memungkinkan mereka menggunakan pendekatan heterodoks dalam menerapkan konsep ekonomi untuk bisnis seperti teknik energi, ilmu lingkungan, teknologi pangan, teknologi digital, dan psikologi. Disiplin ini juga akan memberikan lulusan perspektif yang lebih luas di bidang ekonomi dan bisnis.

PROSPEK KARIR

Chief Economist, Corporate Economist, Business Consultant, Strategic Analyst, Development Analyst, Business Economics Professionals, Forecasting Analyst, Trade Analyst, Economic Modelling Analyst, Risk Strategy Analyst, Analytics Associate, Economic Research Analyst, Business Analyst, dll.

ORGANISASI MAHASISWA

Himpunan Mahasiswa Ekonomi Bisnis (BEST Association) adalah organisasi kemahasiswaan yang dibentuk oleh mahasiswa S1 Ekonomi Bisnis Universitas Prasetiya Mulya. Merupakan wadah bagi mahasiswa jurusan Ekonomi Bisnis untuk berkumpul dan berdiskusi dari berbagai sudut pandang terhadap berbagai kegiatan ekonomi dan non-ekonomi. Ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran seputar utama dan dunia ekonomi itu sendiri.

ACARA & KEGIATAN

BEST Challenge
Fridate
Bonding
Company Visit

Himpunan Mahasiswa Ekonomi Bisnis (BEST Association) adalah organisasi kemahasiswaan yang dibentuk oleh mahasiswa S1 Ekonomi Bisnis Universitas Prasetiya Mulya. Merupakan wadah bagi mahasiswa jurusan Ekonomi Bisnis untuk berkumpul dan berdiskusi dari berbagai sudut pandang terhadap berbagai kegiatan ekonomi dan non-ekonomi. Ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran seputar utama dan dunia ekonomi itu sendiri.

Fridate adalah acara bincang-bincang semi formal yang bertujuan untuk memperluas pengetahuan mahasiswa tentang analis bisnis dan pekerjaan lulusan utama lainnya yang dituntut. Obrolan sore ini hanya dilakukan oleh mahasiswa Ekonomi Bisnis sehingga kreativitas dalam pemilihan permainan. Pastikan Anda setidaknya datang ke Fridate! sekali sepanjang perjalanan Prasmul Anda.

Orang Indonesia diajarkan untuk memiliki karakter peduli terhadap orang-orang di sekitarnya. Sesuai kutipan “Tak kenal maka tak sayang”, mahasiswa Ekonomi Bisnis angkatan pertama mengadakan bonding program dimana kami semua pergi ke Puncak dan bersenang-senang! Kami pergi ke safari malam, olahraga tengah malam, barbeque, berenang di pagi hari, dan tentu saja makan terus menerus! Jika Anda akan menjadi bagian dari keluarga, pastikan Anda mengikuti program bonding!

Ini adalah kunjungan perusahaan pertama kami dimana kami datang ke Perusahaan Nielsen. Nielsen adalah perusahaan informasi dan pengukuran global terkemuka, memberikan wawasan dan data riset pasar tentang aktivitas orang. Itu adalah pengalaman yang sangat menyenangkan belajar tentang tip dan trik cara mengambil informasi paling akurat dari sumber kami!

Testimonial

  • Ekonomi Bisnis adalah platform untuk meningkatkan diri saya. Saya belajar pentingnya kerja tim dan bagaimana memproses data secara bermakna. Selama studi saya, saya juga mendapat kesempatan mengikuti program pertukaran pelajar ke Cina di mana saya bisa bertemu orang-orang baru dari berbagai latar belakang dan brainstorming ide untuk kontribusi pemuda kepada masyarakat.

    Kathryn Nabasa
    Mahasiswa Ekonomi Bisnis 2017 - AIESEC Global Volunteer 2018
  • Ekonomi bisnis adalah program yang dapat dicirikan oleh satu kata – holistik. Ini menggabungkan teoritis dan praktis bersama-sama untuk menciptakan seorang ekonom serbaguna yang mahir dalam bisnis dan perdagangan.

    Joseph Adriel
    Mahasiswa Ekonomi Bisnis 2017 - National Winner of HSBC Business Case Competition 2018